Pengenalan Kurikulum 2013
Tahap pelaksanaan pembelajaran
kurikulum 2013 meliputi:
a. Kegiatan Pendahuluan Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
1) mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
2) mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan
dipelajari dan dikembangkan;
3) menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan
4) menyampaikan garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan
b. Kegiatan Inti Kegiatan inti merupakan
proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi, yang dilakukan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan pendekatan saintifik
yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan peserta didik.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan
mengomunikasikan. Dalam setiap kegiatan guru harus memperhatikan perkembangan
sikap peserta didik pada kompetensi dasar dari KI-1 dan KI-2 antara lain
mensyukuri karunia Tuhan, jujur, teliti, kerja sama, toleransi, disiplin, taat
aturan, menghargai pendapat orang lain yang tercantum dalam silabus dan RPP.
c. Kegiatan Penutup Kegiatan
penutup terdiri atas:
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran.
2) Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik; dan
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
Daya Dukung Proses pembelajaran
memerlukan daya dukung berupa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan
sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang
diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan,
ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang
bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa,
tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan
ruang/tempat lain yang
ASPEK PENILAIAN
Pengetahuan
Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menmbah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini,jenjang SD memiliki pengetahuan sebanyak 20% dan 80% aspek karakter,jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter,dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter. Pada Kurikulum 2013 memang diintergrasikan dengan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.
Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menmbah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini,jenjang SD memiliki pengetahuan sebanyak 20% dan 80% aspek karakter,jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter,dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter. Pada Kurikulum 2013 memang diintergrasikan dengan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.
Keterampilan
Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat,melaksanakan,dan mengerjakan suatu soal atau proyek sehingga siswa dapat terlatif sifat ilmiah dan karakter yang merujuk pada aspek keterampilan. Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan pengerjaan soal,keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek,keterampilan membuat teks,dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.
Sikap dan Perilaku
Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian,teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai,dan diambil oleh diri masing-masing siswa.
Tugas:
1. Apa yang di maksud dengan kurikulum 2013? Apa bedanya dengan kurikulum 2006?
2. Tehnik penilaian apa saja yang digunakan pada kurikulum 2013?
3. Bagaimana proses pembelajaran yang di lakukan pada kurikulum 2013?
Tugas dibuat dalam selembar kertas yang dibuat, berisikan nama dan nomor pendaftaran. Kumpulkan tugas tersebut saat pertemuan tatap muka pembagian kelas.
Osa, saya ortu siswa ingin menanyakan informasi terkait pengumpulan tugas pada saat pertemuan tatap muka pembagian kelas.
ReplyDeleteuntuk jadwalnya bisa di dapat informasinya dimana nggih?
semua akan di umumakan di blog sekolah..kapan siswa kesekolah nya..
DeleteOsa bu. Mau tanha Jadikan 1 semua tugasnya nggih? Apa setiap tugas beda kertas?
ReplyDeleteiya dijadikan satu ya. Dijepret jika lebih dari 1 halaman. isikan nomor, nama, dan kelas. kelas dan nomor sudah di post di blog. silahkan lihat disana.
Delete