KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
1.
Latar belakang
Pembangunan
pendidikan secara mendasar dilaksanakan melalui penyempurnaan isi kurikulum
pada semua jenjang dan jalur pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu
komponen penting yang menentukan keberhasilan pendidikan. Kurikulum harus
dipandang sebagai hipotesis dan masih harus dilihat dalam praktek apakah
hipotesis itu menjadi kenyataan atau tidak.
Pembaharuan
dan penyempurnaan isi kurikulum pendidikan yang diprogramkan pemerintah pada
dasarnya mengacu pada upaya penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas
dalam upaya menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan mengglobal. Untuk
itu dalam upaya penyesuaian perkembangan globalisasi untuk meningkatkan
kualitas pendidikan maka kurikulum nasional kini telah disempurnakan dengan
pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berbasis pengembangan
pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi meliputi ranah Pengetahuan,
Keterampilan, dan Sikap.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) adalah kurikulum operasional yang disusun
dan dilaksanakan oleh masing masing Satuan Pendidikan dengan mengedepankan
keunggulan lokal dan memperhatikan keunggulan global.
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada standar
nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Cakupan standar nasional pendidikan meliputi : standar isi, standar proses,
standar kompetensi lulusan, standar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,
standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.
Dalam
rangka meningkatkan kualitas pendidikan pemerintah selalu dan secara terus
menerus melakukan evaluasi terhadap implementasi kurikulum nasional yang
diimplementasikan tersebut. Sehubungan dengan hasil evaluasi yang sudah
dilakukan dari berbagai aspek dan oleh berbagai pakar dibidangnya ditemukan
adanya kelemahan yang harus segera diperbaharui yaitu, (1) Adanya kesenjangan
antara standar kompetensi lulusan yang digunakan dengan hasil / outcome sumber
daya manusia yang dihasilkan, (2) Proses pembelajaran yang berlangsung disatuan
pendidikan belum mencerminkan adanya proses pembelajaran yang diharapkan, (3)
Struktur kurikulum belum mencerminkan adanya ruang bagi peserta didik untuk
lebih melaksanakan pembelajaran secara kontektual karena sempitnya waktu yang
dialokasikan dengan beban materi yang cukup padat, (4) Penilaian pembelajaran
yang dilakukan belum dilaksanakan sesuai dengan karakter penilaian autentik (authentic assessment) dan hasil penilaian belum mencerminkan adanya penilaian
terhadap ketiga ranah yaitu, kognitif, afektif dan psikomotor.
Dengan
adanya berbagai kelemahan yang ditemukan dalam kurikulum tingkat satuan
pendidikan yang sedang diterapkan, maka mulai tahun pelajaran 2013/2014
pemerintah melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoesia
mengimplementasikan kurikulum 2013 secara terbatas di beberapa sekolah di
seluruh Indonesia yang dianggap mampu sesuai dengan hasil evaluasi satuan
pendidikan dengan hasil akreditasi sangat baik ( Nilai A ).
SMP
Negeri 2 Gianyar merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk untuk
mengimplementasikan kurikulum 2013 tersebut secara terbatas di kelas VII karena
itu seluruh warga sekolah harus memiliki pemahaman yang sama terhadap adanya
paradigma perubahan yang terjadi sesuai dengan hasil revisi Permendiknas No 22
tahun 2007 tentang Standar Isi, Permendiknas 23 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi
Lulusan, Permendiknas No 20 tahun 2007 tentang Standar Proses dan Permendiknas No. 24
tahun 2007 tentang Penilaian. Untuk
tahun ajaran 2020/2021 implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Gianyar
sudah memasuki masa selama 7 tahun ajaran.
Ditinjau
dari pemenuhan delapan standar penidikan sesuai standar Nasional pendidikan
(SNP) SMP Negeri 2 Gianyar selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan
dengan berusaha semaksimal mungkin dalam memenuhi SNP yang telah mmengalami
revisi sesuai dengan perkembangan situasi lokal dan global.
Pemenuhan
standar kompetensi lulusan (SKL), standar isi (SI), standar proses, standar
penilaian dilakukan dengan selalu mengadaptasi dan mengadopsi perkembangan dan
perubahan yang dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada warga sekolah
tentang paradigma perubahan yang selalu terjadi sesuai dengan tuntutan
zamannya.
Standar
PTK sekolah didukung oleh 58 orang tenaga pendidik dengan kualifikasi
pendidikan : 3 orang Strata dua (S2), 54 orang Strata satu (S1) dan 1 orang
Ahli Madya kependidikan (D3) dan 15 orang tenaga kependidikan dengan
kualifikasi strata satu 2 orang, SMA/SMK sederajat 12 orag dan 1 tenaga kebersihan
kualifikasi SMP. Jumlah peserta didik 1188 siswa yang terbagi menjadi 31 rombel
(10 rombel Kls. IX, 11 rombel Kls. VIII dan 10 romel Kls. VII). Standar Sarana
Prasarana dilengkapi dengan Ruang Kelas sebanyak 22 ruangan, 1 ruangan Lab
Komputer, 1 ruang Lab Bahasa lengkap dengan perangkatnya, 2 ruangan untuk
kegiatan remidi/pengayaan sore, 1 ruang Lab IPA, 1 ruangan Perpustakaan, 1
ruang keterampilan ukir dan 1 ruang UKS, 1 ruang kantoran, 1 ruang Aula untuk
kegiatan Ekstra dan pengembangan diri, 1 ruangan Mushola, 1 ruang OSIS, 1 ruang
Pramuka, 1 ruang keterampilan dan showroom, tempat persembahyangan Umat Hindu
(Pura), sarana olahraga, kebun dan halaman sekolah yang cukup asri. Proses
pembelajarannya dilaksanakan pagi dan siang (double sift).
Motivasi
guru dan pegawai cukup tinggi untuk mengikuti perubahan dan perkembangan
kurikulum. Dalam upaya meningkatkan kualitas proses, sekolah berusaha
mengembangkan model-model pembelajaran yang meningkatkan kualitas pencapaian
output. Pembinaan prestasi sekolah tidak hanya mengedapankan pada bidang
akademik saja namun juga dilengkapi dengan pembinaan prestasi non akademik.
Begitu juga kualitas akademik dan non akademik perlu diseimbangkan dengan
kualitas moral. Dengan pengelolaan pendidikan yang mengedepankan prinsip MBS,
diharapkan dalam waktu mendatang sekolah dapat meningkatkan kualitas
lulusannya. Nilai Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu indikator keberhasilan
mutu pendidikan diharapkan bisa meningkat setiap tahunnya.
Peningkatan
kualitas output hendaknya perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas moral.
Siswa lulusannya tidak hanya membawa hasil UN tinggi namun juga memiliki sikap
moral yang baik. Itu tercermin dari sikap ramah, sopan dan santun serta
berprilaku baik dari peserta didik. Untuk mewujudkan harapan itu maka dalam
kurikulum ini, telah tertuang beberapa program unggulan sekolah sebagai
landasan dan pedoman dalam pelaksanaan operasional sekolah.
Sebagai
wujud nyata dari keberhasilan implementasi kurikulum dan pengelolaan sekolah
adalah dengan ditetapkannya SMP Negeri 2 Gianyar sebagai Sekolah rujukan dari
tahun 2018.
2. Landasan Hukum Pengembangan Kurikulum
Dalam penyusunan
Kurikulum ini yang dipakai sebagai landasan antara lain:
a.
Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas)
b.
PPN
19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diganti
dengan Permendibud No. 32 tahun 2014
c.
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2017
tentang perubahan atas peraturan pemerintah No 74 tentang Guru
d.
Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang
Standar Isi
e.
Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang
Standar Kompetensi Lulusan
f.
Permendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang
Standar Sarana Prasarana
g.
Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang
Standar Pengelolaan Pendidikan
h.
Permendiknas No 69 tahun 2009 tentang
standar Pembiayaan
i.
Permendiknas No 39 tahun 2009 tentang
Pemenuhan beban kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan
j.
Permendikbud No 68 tahun 2003 tentang
Kerangka Dasar Kurikulum
k.
Permendikbud No 81 A tentang
ImplementasiKurikulum 2013
l.
Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat
satuan Pendidikan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidika (BSNP)
m.
Permendikbud No 20 tahun 2016 tentang
Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
n.
Permendikbud No 21 tahun 2016 tentang
Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan dasar dan Menengah
o.
Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar
dan Meengah
p.
Permendikbud No 23 tahun 2016 tentang
Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah
q.
Permendikbud No 3 tahun 2017 tentang
Penilaian Hasil Belajar
r.
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda
dan Olahraga Provinsi Bali No 420/13449/BP Tendik/Disdik tentang Kalender
Pendidikan bagi sekolah dilingkungan Disdikpora Provinsi Balitahun 2018/2019
s.
Hasil Rapat Dewan Guru dan Pegawai SMP
Negeri 2 Gianyar Tanggal 12 Juli tahun 2018 tentag Pembagian Tugas Guru dan
Pegawai
1.
Visi
Sekolah:
Visi Pendidikan di
SMP Negeri 2 Gianyar adalah " Terwujudnya Peserta didik yang
Beriman, Cerdas, Terampil Berwawasan Pelestarian Lingkungan Berlandaskan Tri
Hita Karana," dengan indikator :
a.
Terwujudnya lulusan yang beriman,
bertakwa, cerdas, sehat, terampil, berbudaya serta memiliki daya saing dan
tanggung jawab.
b.
Terwujudnya Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif dan partisipatif
c.
Terwujudnya pelaksanaan Pendidikan
berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
d.
Terwujudnya pelaksanaan Pendidikan Budaya
dan Karakter Bangsa secara terintegrasi.
e.
Terwujudnya pelaksanaan Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH) secara terintegrasi dan / monolitik
2. Misi Sekolah :
a.
Melaksanakan Pembelajaran berdasarkan
keimanan dan ketakwaan melalui proses PAIKEM dan Pendekatan Saintific
b.
Melaksanakan pendidikan dengan menerapkan
teknologi informasi dan komunikasi secara selektif
c.
Melaksanakan workshop untuk meningkatkan
kompetensi PTK tentang kurikulum dan pembelajaran
d.
Melaksanakan workshop tentang system
penilaian sesuai kurikulum yang digunakan
e.
Meningkatkan peran serta warga sekolah
dalam rangka memenuhi standar pembiayaan untuk memenuhi SNP
f.
Meningkatkan peran serta warga sekolah
dalam berprilaku Hidup Bersih, Hidup Sehat sesuai dengan Trias UKS
g.
Menanamkan nilai-nilai karakter,
kewirausahaan, ekonomi kreatif dan pendidikan anti korupsi melalui pelaksanaan
pembelajaran pengembangan diri dan muatan lokal.
h.
Melaksanakan pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup
(PLH) secara monolitik dan terintegrasi melalui pembelajaran muatan lokal
i.
Menjalin kerjasama dengan lembaga
pemerintah, swasta dan Lembaga Sosial Masyarakat yang peduli lingkungan hidup
di daerah dan di pusat
3. Tujuan Satuan Pendidikan
a. Tujuan Satuan Pendidikan
Untuk mewujudkan
"Visi dan Misi Sekolah" perlu ditempuh langkah-langkah strategis yang
dituangkan dalam Tujuan Sekolah dalam 4 tahun kedepan sebagai berikut:
1.
Meningkatkan pembelajaran yang inovatif
dan kreatif melalui pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif
sesuai dengan Standar Isi dan
Standar Kelulusan dengan rincian:
·
Memenuhi kelengkapan administrasi
kurikulum
·
Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
inovatif terintegrasi, monolitik dan kreatif melalui pembelajaran aktif.
·
Melaksanakan pengembangan system
penilaian.
2.
Mengembangkan berbagai kegiatan dalam
proses pembelajaran berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa serta
pendidikan lingkungan hidup dengan rincian:
·
Memenuhi prinsip pembelajaran terkini
·
Menghasilkan proses PAIKEM
·
Pencapaian ketersediaan bahan dan sumber
belajar yang memadai
3.
Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan dengan rincian:
·
Memenuhi kebutuhan tenaga pendidik yang
berkompeten dan professional
·
Pencapaian Standar kualifikasi tenaga
pendidik
·
Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
4.
Mengembangkan system penilaian Pendidikan
sesuai Standar penilaian dengan rincian :
·
Menghasilkan perangkat/instrument
penilaian pembelajaran yang relevan
·
Menghasilkan implementasi penilaian
pembelajaran yang realiabel
·
Menghasilkan pedoman penilaian
pembelajaran yang valid
·
Menghasilkan implementasi tindak lanjut
pembelajara yang berkesinambungan.
5.
Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas
manajemen sekolah dengan rincian :
·
Menghasilkan implementasi manajemen
sekolah sesuai SNP
·
Menghasilkan jaringan informasi internal
dan kerja secara horizontal maupun vertical
·
Memenuhi kelengkapan - kelengkapan sekolah
sesuai SNP
·
Pencapaian penggalangan partisipasi
masyarakat dengan pemberdayaan komite
·
Menjadikan sekolah berbudaya, berkarakter
bangsa dan peduli lingkungan hidup
6.
Meningkatkan sarana dan prasarana
pendidikan dengan rincian sebagai berikut:
·
Memenuhi ketersediaan media dan alat
pembelajaran yang memadai dan relevan
·
Menciptakan lingkungan dan iklim
pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
·
Menghasilkan peserta didik yang sehat,
cerdas, berbudaya, berkarakter dan peduli lingkungan hidup
7.
Menghasilkan lulusan dengan prestasi
akademik yang baik ditunjang prestasi non akademik, dengan rician sebagai
berikut:
·
Memenuhi prinsip (aturan) standar
ketuntasan belajar dan kelulusan
·
Menghasilkan lulusan (output) yang cerdas,
kompetitif dan mandiri serta peduli lingkungan hidup.
·
Mencapai prestasi juara, baik akademik
maupun non akademik
·
Menghasilkan insan yang beriman dan
bertaqwa
·
Menghasilkan insane yang terbiasa hidup
sehat, disiplin, berbudi pekerti luhur dan santun dalam pergaulan
8.
Menggalang sarana dan prasarana pendidikan
berwawasan lingkungan yang terinci sebagai berikut:
·
Menjalin kerjasama timbal balik dengan
stakeholder
·
Menciptakan usaha dengan pendayagunaan potensi
yang ada
·
Menerapkan system subsidi silang yang
tepat sasaran
·
Menumbuhkembangkan kesadaran orang tua
dalam memenuhi kewajiban keuangan
9.
Mewujudkan sekolah berwawasan budaya
lingkungan hidup, bersih dan sehat yang terinci sebagai berikut:
·
Memenuhi kelengkapan-kelengkapan Sekolah
Berbudya Lingkungan Hidup
·
Menghasilkan implementasi Sekolah
Berbudaya Lingkungan Hidup pada warga sekolah
·
Menghasilkan prilaku dan budaya hidup
bersih dan sehat dengan upaya pelestarian, pencegahan,pencemaran dan kerusakan
lingkungan pada warga sekolah
·
Meningkatkan kepedulian masyarakat di
sekitar sekolah terhadap pemeliharaan Lingkungan Hidup
10.
Melaksanakan
Program Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dengan rincian sebagai berikut:
·
Melaksanakan kegiatan peningkatan mutu (karakter,
lingkungan hidup), kondusifitaslingkungan belajar sekolah
·
Meningkatkan profesionalisme dan
kompetensi guru dan pegawai sehingga mampu menjadi teladan
·
Membudayakan perilaku peduli lingkungan,
religious, disiplin dan cinta damai (PRESIDA)
3. Tujuan Kelompok Mata Pelajaran
a. Agama dan Akhlak Mulia
Tujuan
pembelajaran Agama dan Akhlak mulia adalah :
1)
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama
yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2)
Menghargai keberagaman agama, bangsa,
suku, ras, golongan sosial, dan budaya dalam tatanan global
3)
Berpartisipasi dalam penegakan
aturan-aturan sosial
4)
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang
lain dalam pergaulan diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat
5)
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan
berempati terhadap orang lain
6)
Berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun
7)
Cara termasuk pemanfaatan teknologi
informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk tuhan
8)
Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan,
dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
9)
Memanfaatkan lingkungan sebagai makhuk
ciptaan Tuhan secra bertanggung jawab
b. Kewarganagaraan dan Kepribadian
Tujuan
pembelajaran kelompok kewarganegaraan dan kepribadian adalah:
1)
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
2)
Berpartisipasi dalam penegakan
aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
3)
Menghargai keberagaman agama, bangsa,
suku, ras, golongan sosial ekonomi dan budaya dalam tatanan global.
4)
Memanfaatkan lingkungan secara produktif
dan bertanggung jawab
5)
Mengembangkan diri secara optimal dengan
memanfaatkan kelebihna diri serta memperbaiki kekurangannya
6)
Berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektf dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan tekhnologi
informasi
7)
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas prilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
8)
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya
belajar untk pemberdayaan diri
9)
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
c. Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
Tujuan pembelajaran
kelompok Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi adalah:
1) Membangun dan menerapkan informasi,
pengetahuan, dan tekhnologi secara logis, kritis, kreatif dan inovatif
2) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif dan inovatif secara mandiri
3) Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya
belajar untuk pemberdayaan diri
4) Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan
etos kerja untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam bidang iptek
5) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah kompleks
6) Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena
alam dan sosial sesuai dengan kekerasan daerah masing-masing
7) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertangung jawab
8) Berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan tekhnologi
informasi
9) Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10) Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca,
menulis dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
11) Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk
mengikuti pendidikan yang lebih tinggi
d. Estetika
Tujuan
Pembelajaran Estetika adalah:
1)
Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan
apresiasi dan kreasi
2)
Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3)
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
karya seni
4)
Menghasilkan karya kreatif baik individu
maupun kelompok
e. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan
Pembelajaran Kelompok Jasmani, Olahraga dan Kesehatan adalah:
1)
Menjaga kesehatan, pertahanan dan
kebugaran jasmani
2)
Membangun dan menerapkan informasi dan
pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran
jasmani
3)
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif
untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan.
Tugas Untuk siswa kelas 7:
1. Catat hal-hal penting yang terdapat dalam struktur kurikulum SMP Negeri 2 Gianyar!
Kumpulkan saat pertemuan tatap muka disekolah!
1. Catat hal-hal penting yang terdapat dalam struktur kurikulum SMP Negeri 2 Gianyar!
Kumpulkan saat pertemuan tatap muka disekolah!
Kapan siswa baru mulai???
ReplyDeleteMulai sekolah tatap muka maksudnya?
ReplyDeleteMasih menunggu info dr Disdik...
silahan cek terus blog kami, semua info akan dimasukkan disini.
ReplyDelete